Komisi III DPR RI Nilai Penangkapan Ravio Merupakan Hal Wajar Dalam Upaya Penegakkan Hukum

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan menghimbau semua pihak untuk jernih dan berpikir obyektif terkait deng...

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan menghimbau semua pihak untuk jernih dan berpikir obyektif terkait dengan penangkapan aktivis Ravio Patra oleh Polri di kawasan Menteng pada Rabu (22/4/2020).

Hal tersebut ditegaskan Arteria kepada para awak media, Senin (27/4/2020).

“Pertama, mengenai kewenangan Polri menangkap. Faktanya kan ada pesan berisi hasutan yang bernada provokatif yang menyebar dan berdasarkan hasil analisis polisi, diperoleh informasi pendahuluan bahwa pesan itu berasal dari ponsel yang terdaftar atas nama Ravio.

Arteria menjelaskan, sejak awalnya pihak kepolisian belum mengetahui ponsel Ravio telah diretas oleh seseorang, sehingga demi penegakan hukum, upaya kepolisian untuk meminta keterangan dan upaya paksa menangkap Ravio demi kepentingan penyelidikan dapat diterima.

“Karena dalam perspektif penegak hukum mereka menduga Ravio menjadi orang yang langsung yang mengirimkan pesan-pesan tersebut. Toh, saat ini Ravio sudah tidak ditahan dan statusnya hanya sebagai saksi,” ujar politisi PDIP ini.

Kedua, lanjut Arteria, seandainya perbuatan tersebut nyata adanya, hal tesebut menjadi kewajiban hukum Polri atas nama Undang-Undang untuk melakukan fungsi penegakan hukum dan melindungi keamanan negara.

“Justru kita ambil positifnya, yakni Polri bekerja preventif untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Dalam hal ini, sederhana saja, Jika memang Ravio tidak melakukan hal tersebut, sebaiknya Ravio melakukan klarifikasi dan sekaligus membuktikan, ia bukan merupakan pelaku, buktikan ponselnya diretas kalau perlu serahkan ponselnya untuk diperiksa di Labfor, dan atau Unit Cyber Crime,” tuturnya.

Arteria menerangkan, saat ini kan sudah dilakukan upaya kompromi dan mengedepankan humanisme, walau belum terbukti ponsel Ravio diretas, Ravio telah diperbolehkan pulang.

“Kini saatnya kita kawal bersama proses hukumnya dan saya yakin Polri profesional,” tukasnya.

Arteria pun meyakini pemerintah tidak alergi terhadap kritik, dan Presiden Jokowi berkali-kali mengingatkan setiap warga negara bahwa pemerintahan yang efektif terlahir dari kritik.

“Istilah beliau mengatakan pemerintahan saat ini hidup dalam rumah kaca, yang siapapun dapat dengan mudah melihat dan mengkoreksi kerja-kerja pemerintahan,” ungkapnya.

Apalagi menurut Arteria, Indonesia sangat butuh sosok pemuda-pemuda seperti Ravio yang mampu melihat kerja-kerja pemerintah dalam perspektif dan sudut pandang yang berbeda.

“Jadi tenang saja, percayakan pada proses hukum yang sedang berjalan. Saya akan kawal proses penegakan hukumnya, dan Ravio serta penasihat hukumnya kan masih memiliki hak untuk mengajukan upaya hukum apabila ditemukan proses penegakan hukum yang menyimpang,” tutup legislator asal Dapil Jatim 6 tersebut.

Polri Jangan Mencederai Kerja-Kerja Positifnya Selama Ini

Sementara itu, anggota Komisi III DPR RI lainnya Arsul Sani berpendapat, Polri telah melakukan kerja-kerja pengayoman dan pelayanan yang bagus selama masa pandemi Covid-19 ini, antara lain dengan berbagai pemberian bantuan sosial kepada warga masyarakat yang bekerja di jalanan seperti pengemudi ojol, angkot, dan juga pendekatan persuasif terhadap para pemudik.

“Oleh karena itu Komisi III DPR meminta agar Polri tidak menciderai sendiri kerja-kerja positifnya khususnya selama masa pandemi Covid-19 ini dengan melakukan penindakan berlebihan terhadap kejadian-kejadian yang dinilai sebagai penyebaran kebencian di medsos.

Yang dimaksud dengan tindakan berlebihan itu menurut Wakil Ketua MPR RI itu, seperti yang ditunjukkan dalam kasus Ravio Patra yang langsung melakukan upaya penangkapan, sementara dua alat buktinya dinilai belum jelas dan kuat.

“Padahal polisi bisa melakukan proses hukum biasa dengan mengolah laporan polisi yang ada, mendalami alat buktinya, dan selanjutnya memanggil yang bersangkutan untuk diperiksa sesuai prosedur KUHAP,” imbuhnya.

Sekjen PPP itu mengaku, dirinya khawatir langkah Polri jika terus menerus melakukan upaya paksa sementara bukti-buktinya belum clear terhadap kasus-kasus ujaran kebencian di medsos

“Ini akan menjadi beban politik pemerintahan Jokowi, dan akan makin berkembang pandangan bahwa penegakan hukum dilakukan dengan sewenang-wenang,” pungkas legislator asal Dapil Jateng 10 tersebut.

Sebelumnya seperti dikutip Kompas.com, polisi mengklaim penangkapan aktivis sekaligus pegiat demokrasi Ravio Patra bertujuan agar masyarakat tidak resah.
Pasalnya, penangkapan Ravio berawal dari beredarnya sebuah pesan singkat melalui WhatsApp yang mengajak untuk melakukan aksi penjarahan pada 30 April 2020.

Kemudian, penerima pesan tersebut melaporkan pemilik nomor WhatsApp kepada polisi.

Laporan pelapor terdaftar dalam nomor laporan LP/473/IV/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ.

Berdasarkan penelusuran polisi, pemilik nomor yang menyebarkan pesan singkat tersebut adalah Ravio.

Kini, polisi masih mendalami pengakuan Ravio yang menyatakan akun WhatsAppnya diretas oleh orang tak bertanggung jawan untuk menyebarkan konten bernada provokatif. (Daniel)



Sumber: Portalkriminal.id

COMMENTS


loading...
Loading...

Share

$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$va=hide$snippet=hide$count=6$label=0

Loading...
Nama

Asusila,2,Curas,2,FOKUS,172,Insiden,4,KRIMINAL,1,Narkoba,3,RAGAM,1,Terorisme,3,
ltr
item
Kabar Kriminal: Komisi III DPR RI Nilai Penangkapan Ravio Merupakan Hal Wajar Dalam Upaya Penegakkan Hukum
Komisi III DPR RI Nilai Penangkapan Ravio Merupakan Hal Wajar Dalam Upaya Penegakkan Hukum
Kabar Kriminal
https://www.kabarkriminal.com/2020/04/komisi-iii-dpr-ri-nilai-penangkapan.html
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/2020/04/komisi-iii-dpr-ri-nilai-penangkapan.html
true
4690725287027830542
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy