Kejaksaan Klaim Kasus Tindak Pidana Umum Menurun 50%

Surabaya (beritajatim.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya dan Tanjung Perak mengklaim bahwa perkara yang masuk ke pihaknya dari kepol...

Surabaya (beritajatim.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya dan Tanjung Perak mengklaim bahwa perkara yang masuk ke pihaknya dari kepolisian menurun hingga 50 persen lebih.

Kasi pidum Kejari Surabaya Farriman Siregar menyatakan, jumlah tersebut dilihat dari Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang dikirim pihak kepolisian selama bulan April 2020 ini.

“Kalau bulan April ini menurun sampai 50 persen lebih,” ujar Farriman, Sabtu (2/5/2020).

Sayangnya Farriman tak menyebut secara detail perbandingan jumlah SPDP selama bulan April dan Mei ini. “Ga hafal mbak, yang jelas menurun banyak,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Kasi Pidum Kejari Perak Eko Budisusanto. Dia juga menyebut bahwa perkara yang masuk ke wilayah hukum Kejari Tanjung Perak juga mengalami penurunan banyak berkisar 50 persen.

Sebelumnya, Polda Jatim mengklaim angka kriminalitas di wilayah hukumnya menurun sampai 62 persen bila dibandingkan dengan sebelumnya. Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (13/4/2020).

Menurutnya, penurunan angka 62 persen itu dihitung dari perbandingan antara bulan Januari, Februari sampai Maret. ” Jadi penurunan itu selama tiga bulan terakhir, kalau bulan April masih berjalan,” ujar Trunoyudo.

Trunoyudo menyebut, data yang ada di Command Center Polda Jatim, perbandingan bulan Februari ke Maret, awalnya 2.465 kejadian tindak pidana pada Maret turun signifikan jadi 926. Artinya turun sebanyak 1.539 atau 62 persen.

” Dari Januari 3.101, Februari turun 2.465 atau turun 636. Nilai persentasenya 21 persen turunnya,” ujarnya.

Menurut Trunoyudo, penurunan kejahatan tersebut merupakan hal baik dari sisi keamanan. Ia juga menyebut dampak itu juga tak lepas dari penanganan dari Gugus Tugas COVID-19 dan Forkopimda Jatim selama ini.

“Artinya ada dampak baik dari apa yg sudah dilaksanakan oleh gugus tugas terkait dengan penanganan COVID-19. Banyaknya kegiatan secara sinergi baik pemprov, kemudian dengan TNI Polri melakukan patroli skala besar. Ini berpengaruh signifikan terhadap kejadian yang ada,” terang Trunoyudo. [uci/ted]



Sumber: Beritajatim.com

COMMENTS


loading...
Loading...

Share

$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$va=hide$snippet=hide$count=6$label=0

Loading...
Nama

Asusila,2,Curas,2,FOKUS,147,Insiden,4,KRIMINAL,1,Narkoba,3,RAGAM,1,Terorisme,3,
ltr
item
Kabar Kriminal: Kejaksaan Klaim Kasus Tindak Pidana Umum Menurun 50%
Kejaksaan Klaim Kasus Tindak Pidana Umum Menurun 50%
Kabar Kriminal
https://www.kabarkriminal.com/2020/05/kejaksaan-klaim-kasus-tindak-pidana.html
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/2020/05/kejaksaan-klaim-kasus-tindak-pidana.html
true
4690725287027830542
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy