Selain Balon Udara, 7.983 Petasan Juga Diamankan

Ponorogo (beritajatim.com) – Selain berhasil mengamankan sedikitnya 87 balon udara, Polres Ponorogo juga mengamankan ribuan petasan dengan ...

Ponorogo (beritajatim.com) – Selain berhasil mengamankan sedikitnya 87 balon udara, Polres Ponorogo juga mengamankan ribuan petasan dengan berbagai ukuran. Mulai dari diameter 1 hingga 10 centimeter. Ya, adanya petasan ini merupakan satu paket dari balon udara yang juga akan diterbangkan.

“Jadi saat menerbangkan balon udara itu juga ada petasannya, sehingga bunyi petasan itu saat balon diterbangkan,” kata Kapolres Ponorogo AKBP. Areif Fitrianto, Selasa (26/5/2020).

Tentu itu sangat membahayakan sekali. Bisa menyebabkan kebakaran jika jatuh di perkebunan maupun pemukiman. Bahkan jika jatuh di kabel listrik tentu bisa mengganggu aliran listrik. “Sebelum lebaran hingga saat ini total ada 7983 petasan yang berhasil kami amankan,” katanya.

Di bandingan lebaran tahun lalu, Arief mengaku ada penurunan hingga 80 persen tentang kasus balon udara di bumi reyog. Penurunan itu, menurut Arief tumbuhnya kesadaran untuk menyerahkan balon udara maupun petasan. Masyarakat sekarang mengerti dan sadar akan keselamatan di lingkungannya. Dari 87 balon udara, ada 33 balon udara yang diserahkan dari masyarakat kepada pihak kepolisian. “Ada 33 balon udara yang diserahkan secara sukarela. Sisanya merupakan hasil razia petugas kami,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, hingga hari ketiga lebaran Idul Fitri, Polres Ponorogo sudah mengamankan sedikitnya 87 balon udara. Jumlah itu ada yang merupakan sitaan petugas, juga ada yang dari masyarakat dengan sukarela menyerahkan balon udara tersebut. “Sebagian besar balon udara yang diamankan dari Kecamatan Kauman, Sukorejo, Babadan, Jambon dan Jetis,” kata Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto.

Dalam pengamanan balon udara di lapangan, banyak metode yang dilakukan petugas. Ada yang menggunakan drone untuk menyobek balon udara yang sudah terbang. Juga ada yang manual, dengan petugas langsung mengamankan balon yang sedang diasapi hendak diterbangkan. “Kami mengamankan balon udara yang paling panjang berukuran 35 meter. Diamankan saat proses pengisian asap,” katanya. (end/kun)



Sumber: Beritajatim.com

COMMENTS


loading...
Loading...

Share

$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$va=hide$snippet=hide$count=6$label=0

Loading...
Nama

Asusila,2,Curas,2,FOKUS,172,Insiden,4,KRIMINAL,1,Narkoba,3,RAGAM,1,Terorisme,3,
ltr
item
Kabar Kriminal: Selain Balon Udara, 7.983 Petasan Juga Diamankan
Selain Balon Udara, 7.983 Petasan Juga Diamankan
Kabar Kriminal
https://www.kabarkriminal.com/2020/05/selain-balon-udara-7983-petasan-juga.html
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/2020/05/selain-balon-udara-7983-petasan-juga.html
true
4690725287027830542
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy