Antisipasi Putusan Hampa, Gus Ris Ajukan Sita Jaminan PI Blok Cepu

Bojonegoro (beritajatim.com) – Agus Susanto Rismanto (48) Warga Desa Campurejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro yang melakukan gugatan ...

Bojonegoro (beritajatim.com) – Agus Susanto Rismanto (48) Warga Desa Campurejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro yang melakukan gugatan terhadap pembagian Participating Interest (PI) Blok Cepu mengajukan conservatoir beslaag (CB/sita jaminan) yang dimiliki tergugat selama proses persidangan berlangsung.

Pengajuan CB tersebut dilakukan penggugat saat sidang kedua pemanggilan tergugat di Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro, Selasa (25/8/2020). Mantan anggota DPRD Bojonegoro sejak 2004 – 2014 itu mempertimbangkan, bahwa sebelum gugatan ini didaftarkan ke Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro telah mengajukan somasi Kepada Bupati Bojonegoro.

Dalam hal ini, Bupati Bojonegoro sebagai Tergugat I untuk tidak melakukan perbuatan hukum apapun (status quo) terhadap kegiatan yang berkaitan dengan PT Asri Dharma Sejahtera (kini Tergugat II) dan PT Surya Energi Raya (Tergugat III), meliputi Kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB), Pembagian Deviden, Pengalihan Aset, dan segala perbuatan Hukum yang diakibatkan oleh adanya Perjanjian Kerjasama Pengelolaan Participating Interest antara Para Tergugat yang akan di ajukan gugatan di Pengadilan Negeri Bojonegoro sampai dengan adanya putusan Pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Hingga pada 7 Juli 2020 Pemohon Somasi telah mendaftarkan gugatan ke PN Bojonegoro dan persidangan sudah berlangsung. Sesuai dengan Poin 20 Posita perkara, bahwa untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan, kesalahan penghitungan serta batalnya perjanjian antarpara tergugat maka pihaknya mengajukan kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bojonegoro untuk menangguhkan dan membekukan seluruh posita aset PT Asri Dharma Sejahtera (ADS), Surat-surat berharga, Properti, Aset Keuangaan/finansial (deposito, giro dan surat berharga lainnya) yang berasal dari pembayaran hasil bagi Investasi Particiating Interest Blok Cepu.

Selain itu, meletakan sita jaminan (Conservatoir Beslaag) saham milik Tergugat II dan Tergugat III, yaitu seluruh saham seri A, Seri B dan Seri C, serta surat-surat berharga  deposito, Rekening-rekening aset Tergugat II dan Tergugat III secara sah dan berharga selama proses persidangan ini berlangsung. “Kekawatiran saya Para Tergugat pada tanggal 4 Agustus 2020 yang seharusnya menghadiri panggilan sidang Perdana dalam perkara ini justru telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa,” terangnya.

Padahal, lanjut Gus Ris, sapaan akrab Agus Susanto Rismanto, yang beberapa poin hasil RUPS tersebut bertentangan dan melawan maksud – tujuan gugatan yang dilayangkan, yaitu melaksanakan perjanjian Participatimg Interest antara Para Tergugat dan akan melakukan pembagian Deviden dana bagi hasil Paticipating Interest antara Tergugat I, Tergugat I dan Tergugat III setelah 65 hari kerja sejak RUPS.

Diantaranya, hasil RUPS para Tergugat telah memutuskan untuk membagi keuntungan dari kepemilikan Saham seri A, seri B dan seri C serta melakukan pembagian deviden dari bagi hasil Pengeloaan Participating Interest yang dalam gugatan ini telah dimohonkan pembatalan perjanjiannya karena dianggap bertentangan dengan peraturan perundangan dan merugikan kepentingan masyarakat Bojonegoro.

“Untuk menjaga agar aset-aset tersebut tidak dibagi dan atau dipindahtangankan kepada pihak manapun yang berpotensi merugikan kepentingan masyarakat Bojonegoro maka Penggugat mohon kepada Majelis Hakim dalam perkara ini untuk meletakkan sita jaminan,” terangnya.

Sementara Humas Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro Isdarianto mengungkapkan, pengajuan sita jaminan ini bisa dilakukan penggugat guna mengantisipasi putusan illusoir (putusan hampa) atas aset yang dimiliki tergugat. Sita jaminan ini, lanjut Isdarianto, adalah sita yang bertujuan jika nantinya gugatan dimenangkan penggugat, gugatan itu tidak menjadi hampa atau illusoir dan hanya akan menang di atas kertas, tidak ada lagi yang dieksekusi.

“Untuk mencegah hal itu bisa ditempuh upaya CB. CB itu sendiri menjadi penetapan Majelis Hakim. Sebelum melakukan CB, majelis Hakim tentunya harus bermusyawarah dan mempertimbangkan urgensi dari permohonan itu sendiri. Di dalam ketentuan undang-undang pembatasan penetapan sita jaminan bisa dilakukan selama proses persidangan masih berlangsung.,” pungkasnya. [lus/ted]





Sumber: Beritajatim.com

COMMENTS


loading...
Loading...

Share

$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$va=hide$snippet=hide$count=6$label=0

Loading...
Nama

Asusila,2,Curas,2,FOKUS,152,Insiden,4,KRIMINAL,1,Narkoba,3,RAGAM,1,Terorisme,3,
ltr
item
Kabar Kriminal: Antisipasi Putusan Hampa, Gus Ris Ajukan Sita Jaminan PI Blok Cepu
Antisipasi Putusan Hampa, Gus Ris Ajukan Sita Jaminan PI Blok Cepu
Kabar Kriminal
https://www.kabarkriminal.com/2020/08/antisipasi-putusan-hampa-gus-ris-ajukan.html
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/2020/08/antisipasi-putusan-hampa-gus-ris-ajukan.html
true
4690725287027830542
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy