Ungkap Kasus Penembakan di Kelapa Gading Hanya 8 Hari, IPW Apresiasi Kinerja Polda Metro

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Kerja cepat Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Utara (Jakut) dalam mengungkap dan menangkap seluruh pelaku pen...

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Kerja cepat Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Utara (Jakut) dalam mengungkap dan menangkap seluruh pelaku penembakan bos ekspedisi pelayaran PT Dwi Putra Tirtajaya Sugianto (51) di Kelapa Gading, patut diacungi jempol.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Neta S. Pane kepada para awak media melalui keterangan tertulis, Selasa (25/8/2020).

Menurut data yang dihimpun IPW, jelas Neta, kasus penembakan di Ibukota Jakarta umumnya baru dapat terungkap di atas satu bulan, bahkan cukup banyak pula kasus penembakan yang tidak terungkap.

“Namun dalam kasus penembakan di Kelapa Gading yang terjadi 13 Agustus 2020 itu, jajaran Polda Metro Jaya berhasil mengungkapnya dalam tempo delapan hari. Tak hanya itu, semua anggota jaringan penembakan, yakni sebanyak 12 orang berhasil ditangkap, baik otak pelaku penembakan, eksekutor, pensuplai senjata, dan lain-lain,” ungkap pria kelahiran Medan, 56 tahun lalu ini.

Menurut Neta, semua ini tentunya tak terlepas dari hasil kerja keras Kapolda Metro Jaya beserta jajarannya.

“Bagaimana pun kerja keras ini patut diapresiasi. Tentunya tak mudah dalam waktu singkat bisa berhasil mengungkap dan menangkap pelaku pembunuhan berencana yang berjumlah 12 orang itu. Bahkan, otak atau dalang pembunuhan Nur Luthfiah alias NL (34) yang merupakan karyawan korban berhasil diungkap dan diciduk,” ujarnya.

Dengan terungkapnya kasus ini secara cepat, lanjut Neta, kasus penembakan di Jakarta agar tidak lagi menjadi preseden atau tren yang diikuti pihak pihak lain dalam melakukan kejahatan.

“Biasanya, jika ada kasus yang membuat heboh publik yang tidak cepat terungkap oleh polisi akan muncul tren yang diikuti pihak pihak lain, seperti dalam kasus mayat terpotong-potong beberapa waktu lalu.

Neta menilai, dengan tertangkapnya semua pelaku, makan para pelaku kejahatan akan berpikir dua kali untuk melakukan hal serupa, yakni melakukan penembakan terhadap korban.

“Selain itu penangkapan ini membuat masyarakat menjadi lebih tenang karena Jakarta aman dari teror penembakan orang tak bertanggungjawab,” tutur Penulis Buku Jangan Bosan Kritik Polisi ini.

Neta pun menyarankan, dalam memproses kasus penembakan ini jajaran Polda Metro Jaya sebaiknya tidak hanya terpaku pada kasus pembunuhan berencana, tapi juga harus mengungkap kasus dugaan penggelapan pajak.

“Jika melihat motif pembunuhan ini ada dua, yakni sakit hati karena NL sering dimaki-maki dan NL merasa terancam karena diduga menggelapkan uang pajak perusahaan,” terang mantan Wapemred Harian Jakarta itu

Lebih lanjut, Neta menambahkan, kasus dugaan penggelapan pajak perusahaan ini jelas merugikan negara.

“Sehingga Polda Metro Jaya perlu menelusuri berapa besar pajak yang digelapkan NL, untuk kemudian asetnya disita dan NL dikenakan pasal pencucian uang,” pungkas mantan Redpel Koran Aksi ini. (Daniel)



Sumber: Portalkriminal.id

COMMENTS


loading...
Loading...

Share

$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$va=hide$snippet=hide$count=6$label=0

Loading...
Nama

Asusila,2,Curas,2,FOKUS,167,Insiden,4,KRIMINAL,1,Narkoba,3,RAGAM,1,Terorisme,3,
ltr
item
Kabar Kriminal: Ungkap Kasus Penembakan di Kelapa Gading Hanya 8 Hari, IPW Apresiasi Kinerja Polda Metro
Ungkap Kasus Penembakan di Kelapa Gading Hanya 8 Hari, IPW Apresiasi Kinerja Polda Metro
Kabar Kriminal
https://www.kabarkriminal.com/2020/08/ungkap-kasus-penembakan-di-kelapa.html
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/2020/08/ungkap-kasus-penembakan-di-kelapa.html
true
4690725287027830542
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy