Pengunjung Wisata di Pacet Mojokerto dan ABG Terjaring Operasi Yustisi Protokol Kesehatan

Mojokerto (beritajatim.com) – Sejumlah pengunjung wisata di kawasan Pacet, Kabupaten Mojokerto terjaring Operasi Yustisi Protokol Kese...

Mojokerto (beritajatim.com) – Sejumlah pengunjung wisata di kawasan Pacet, Kabupaten Mojokerto terjaring Operasi Yustisi Protokol Kesehatan yang dilakukan petugas di Bunderan Taman Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Mayoritas pelanggar protokol kesehatan tersebut yakni pengunjung wisata dan Anak Baru Gede (ABG).

Tak hanya pengunjung wisata dan ABG yang terjaring razia masker, namun juga warga setempat yang kepergok tidak mengenakan masker atau tidak menggunakan masker dengan baik. Banyak pengendara roda empat maupun roda dua yang kedapatan tidak mengenakan masker atau tidak menggunakan masker dengan benar.

Alhasil, petugas dari Tim Pemburu Protokol Kesehatan Polres Mojokerto memberhentikan kendaraannya. Mereka diminta identitasnya oleh petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mojokerto untuk selanjutkan mendapatkan sanksi berupa Tidak Pidana Ringan (Tipiring).

Ini sesuai Peraturan Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur Nomor 2 Tahun 2020. Operasi Yustisi Protokol Kesehatan ini bertujuan tidak lain yakni penegakan protokol kesehatan untuk mendisiplinkan masyarakat sekaligus mengantisipasi penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Mojokerto.

Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander menjelaskan, ada 25 pelanggar protokol kesehatan yang dilakukan penindakan karena tidak menggunakan masker. “Operasi Yustisi ini ditujukan untuk penindakan agar masyarakat mentaati protokol kesehatan,” ungkapnya, Sabtu (19/9/2020).

Bagi pelanggar protokol kesehatan akan diberikan sanksi Tipiring sesuai Perda 2 Tahun 2020 dan denda maksimal Rp500 ribu. Rencananya, lanjut Kapolres, sidang tipiring akan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto pada, Senin (21/9/2020) pekan depan. Namun untuk ABG tidak dikenakan sanksi tipiring lantaran usianya dibawah 17 tahun.

“Namun mereka dilakukan pendataan dan membuat surat pernyataan tidak mengulangi lagi perbuatannya tidak mengenakan masker sehingga melanggar protokol kesehatan. Sasarannya tetap masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan untuk bisa memutus mata rantai Covid-19, khususnya di kawasan wisata,” ujarnya.

Pengelola wisata diharapkan mampu menerapkan protokol kesehatan, jika tidak akan diberikan sanksi teguran hingga penutupan tempat wisata. Selain itu, lanjut Kapolres, pengelola wisata juga diharapkan memberikan imbauan untuk memberikan edukasi tambahan terhadap pengunjung patuh protokol kesehatan.

“Sebagian kita laksanakan teguran dan imbauan. Ada juga beberapa tempat usaha yang kita tutup lantaran tidak mematuhi protokol kesehatan karena tidak menyiapkan tempat cuci tangan dan disegel oleh Satpol PP. Upaya ini dilakukan agar tidak muncul kluster baru,” tegasnya. [tin/kun]





Sumber: Beritajatim.com

COMMENTS


loading...
Loading...

Share

$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$va=hide$snippet=hide$count=6$label=0

Loading...
Nama

Asusila,2,Curas,2,FOKUS,200,Insiden,4,KRIMINAL,1,Narkoba,3,RAGAM,1,Terorisme,3,
ltr
item
Kabar Kriminal: Pengunjung Wisata di Pacet Mojokerto dan ABG Terjaring Operasi Yustisi Protokol Kesehatan
Pengunjung Wisata di Pacet Mojokerto dan ABG Terjaring Operasi Yustisi Protokol Kesehatan
https://beritajatim.com/wp-content/uploads/2020/09/IMG_20200919_134454-300x169.jpg
Kabar Kriminal
https://www.kabarkriminal.com/2020/09/pengunjung-wisata-di-pacet-mojokerto.html
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/2020/09/pengunjung-wisata-di-pacet-mojokerto.html
true
4690725287027830542
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy