Warning : Error while sending QUERY packet. PID=1279 in /home/jatim/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1924 Warning : Cannot modif...


Warning: Error while sending QUERY packet. PID=1279 in /home/jatim/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1924

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/jatim/public_html/wp-includes/wp-db.php:1924) in /home/jatim/public_html/wp-includes/feed-rss2.php on line 8

Hukum & Kriminal – beritajatim.com

https://beritajatim.com Portal Berita Jawa Timur Sat, 10 Oct 2020 07:53:24 +0000 en-US hourly 1

Polda Pulangkan Ratusan Pelajar Pasca Ditangkap saat Demo Tolak UU Cipta Karya

https://ift.tt/33JplWY Fri, 09 Oct 2020 12:25:47 +0000 https://ift.tt/3lxtrYi Surabaya (beritajatim.com) – Ratusan pelajar dipulangkan Polda Jatim setelah sebelumnya ditangkap saat melakukan unjuk rasa penolakan Undang-Undang (UU) Cipta Karya.

The post Polda Pulangkan Ratusan Pelajar Pasca Ditangkap saat Demo Tolak UU Cipta Karya first appeared on beritajatim.com.

]]>

Surabaya (beritajatim.com) – Ratusan pelajar dipulangkan Polda Jatim setelah sebelumnya ditangkap saat melakukan unjuk rasa penolakan Undang-Undang (UU) Cipta Karya di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya. Ratusan pelajar tersebut disinyalir membuat onar dan bertindak anarkis pada waktu melakukan aksi.

Ratusan orang tua juga sudah terlihat antri ingin menjemput anak mereka untuk bisa kembali pulang ke rumah. Mulai jumat pagi hingga sore, mereka masih menunggu giliran untuk dilakukan pendataan terlebih dahulu oleh polisi.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Moch. Fadil Imran, melihat secara langsung proses pemeriksaan terhadap ratusan pemuda yang telah diamankan tersebut.

“Mereka yang ditangkap ini kebanyakan masih pelajar, baik Mahasiswa maupun masih sekolah. Polri mempersilahkan bagi siapapun untuk mengutarakan dan menyampaikan aspirasi ke publik. Namun, jika ada yang melakukan tindakan anarkis, Polri tidak akan berikan toleransi bagi siapapun dan akan kami tindak tegas sesuai hukum yang berlaku,” ujar Kapolda, Jumat (9/10/2020).

“Saya akan pulangkan mereka yang sudah kita amankan, dan akan dikembalikan ke orang tua. Namun saya tidak akan beri toleransi bagi siapapun, jika terbukti melakukan tindakan anarkis,” lanjutnya.

Kapolda menambahkan, mereka yang disinyalir sebagai pembuat onar maupun provokasi saat aksi unjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya akan dilakukan tindakan tegas.

“Saya akan proses hukum bagi mereka yang melakukan pengerusakan fasum dan memprovokasi terjadinya kericuhan saat demo di Grahadi. Karena saya yakin yang melakukan pengerusakan bukan mahasiswa dan pelajar, namun ada kelompok lain yang sengaja memprovokasi,” tambah Kapolda.

Ratusan pelajar ini kata Kapolda akan diserahkan ke orangtua. Pihaknya berharap agar bisa dilakukan pembinaan lebih baik dan diberi nasehat. Selain itu, Polda juga telah melakukan rapid dan swab test terhadap ratusan orang yang sudah diamanakan. Hal ini sebagai bentuk antisipasi penyebaran covid-19.

“Saya harap orang tua nanti bisa memberi nasehat kepada anak anaknya, agar tidak ikut dalam aksi apapun jika memang tidak mengerti maksud dan tujuannya. Selain itu, kita lakukan rapid dan swab sebagai bentuk antisipasi penyebaran covid-19,” ucapnya. Setelah menemui ratusan orang tua, Kapolda membagikan masker kepada orang tua dan juga memberikan vitamin. [uci/kun]

The post Polda Pulangkan Ratusan Pelajar Pasca Ditangkap saat Demo Tolak UU Cipta Karya first appeared on beritajatim.com.

]]> Pemuda Tak Tamat SD ini, Hamili Gadis di Bawah Umur Hingga Melahirkan

https://ift.tt/3jMHB7n Fri, 09 Oct 2020 10:45:56 +0000 https://ift.tt/2Ifqwp0 Ponorogo (beritajatim.com) – Tindak pidana persetubuhan dibawah umur terjadi di Ponorogo. Pria berinisial DP (19), warga Desa Tegalombo Kecamatan Kauman.

The post Pemuda Tak Tamat SD ini, Hamili Gadis di Bawah Umur Hingga Melahirkan first appeared on beritajatim.com.

]]>

Ponorogo (beritajatim.com) – Tindak pidana persetubuhan dibawah umur terjadi di Ponorogo. Pria berinisial DP (19), warga Desa Tegalombo Kecamatan Kauman tersebut, menjadi tersangka saat ketahuan menghamili gadis dibawah umur yang berinisial FA (16), warga Desa Krebet Kecamatan Jambon hingga melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan.

Kapolres Ponorogo AKBP. Mochammad Nur Azis melalui Kasat Reskrim AKP. Hendi Septiadi menyebut terungkapnya kasus itu berawal dari orangtua korban yang tidak terima anak perempuannya melahirkan di luar nikah. Selama kehamilan itu, orangtua korban mengaku tidak mengetahui kehamilan tersebut. Usai melahirkan, barulah korban mengaku kepada orangtuanya jika yang menghamilinya adalah DP, yang tidak lain adalah pacar korban.

“Setelah mendapatkan laporan dari orangtua korban, kami langsung melakukan proses penyelidikan, hingga menetapkan pacar korban berinisial DP sebagai tersangka,” kata Hendi, Jumat (9/10/2020) sore.

Kisah asmara korban dan tersangka itu mulai terjalin pada bulan Februari tahun 2019. Selama itu tersangka yang tidak tamat SD itu selalu membelikan paket data internet dan tas supaya korban tambah sayang dan percaya pada tersangka.

Nah pada medio bulan Oktober-Desember 2019, jalinan asmara mereka semakin keblabasan dengan melakukan hubungan layaknya suami istri. Hingga puncaknya tanggal 20 September lalu, korban melahirkan bayi perempuan di rumah bidan desa setempat.

Karena korbannya masih di bawah umur, untuk mempertanggungjawabkan perbuatan tersangka, Satreskrim Polres Ponorogo menjeratnya dengan pasal 81 dan pasal 82 Undang-Undang Republik Indonesia tentang perlindungan anak. Dengan ancaman penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama mencapai 15 tahun. “Tersangka kita jerat dengan Undang-Undang Perlindungan anak, dengan ancaman penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun,” pungkasnya. (end/kun)

The post Pemuda Tak Tamat SD ini, Hamili Gadis di Bawah Umur Hingga Melahirkan first appeared on beritajatim.com.

]]> KPK Tahan Tersangka Kasus Pengadaan Alkses di Universitas Airlangga

https://ift.tt/2SIE9z6 Fri, 09 Oct 2020 10:34:17 +0000 https://ift.tt/30QV9ri Jakarta (beritajatim.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Bambang Giatno Rahardjo dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan Peralatan.

The post KPK Tahan Tersangka Kasus Pengadaan Alkses di Universitas Airlangga first appeared on beritajatim.com.

]]>

Jakarta (beritajatim.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Bambang Giatno Rahardjo dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan Peralatan Kesehatan dan Laboratorium RS Tropik Infeksi di Universitas Airlangga Tahap I Dan II Tahun Anggaran 2010. Bambang merupakan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan.

“Sebelumnya KPK menetapkan BGR sebagai tersangka dan telah diumumkan pada sekitar bulan Desember 2015,” kata Deputi Penindakan KPK Karyoto, Jumat (9/10/2020).

Dia menambahkan, untuk kepentingan penyidikan, KPK melakukan penahanan tersangka Bambang Giatno Rahardjo selama 20 hari terhitung sejak tanggal 9 Oktober 2020 sampai dengan 28 Oktober 2020 di rutan cabang KPK di Gedung ACLC KPK Kavling C1. “Sebagai protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19, maka tahanan akan terlebih dulu dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari di Rutan Cabang KPK pada Gedung ACLC KPK di Kavling C1 tersebut,” ujar Karyoto. (hen/kun)

The post KPK Tahan Tersangka Kasus Pengadaan Alkses di Universitas Airlangga first appeared on beritajatim.com.

]]> Kejari Kabupaten Malang Dalami Kasus Penganiayaan Oknum Suporter Secara Profesional

https://ift.tt/33JLncc Fri, 09 Oct 2020 10:12:09 +0000 https://ift.tt/3lASRnR Malang (beritajatim.com) – Perkara tindak pidana penganiayaan dan perampasan yang melibatkan oknum suporter di Jalan Raya Perusahaan, Karanglo, Kecamatan Singosari,.

The post Kejari Kabupaten Malang Dalami Kasus Penganiayaan Oknum Suporter Secara Profesional first appeared on beritajatim.com.

]]>

Malang (beritajatim.com) – Perkara tindak pidana penganiayaan dan perampasan yang melibatkan oknum suporter di Jalan Raya Perusahaan, Karanglo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, beberapa waktu lalu telah masuk ke ranah Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Kabupaten Malang, Sobrani Binzar SH berjanji, siap menangani perkara tersebut secara profesional. “Dari 8 tersangka ini yang akan kami pastikan adalah peranan masing-masing daripada tersangka. Kami, di Kejaksaan ini selaku jaksa peniliti yang nanti akan jadi jaksa penuntut umum juga akan meneliti secara detail sehingga tidak akan salah langkah dalam penentuan berkas perkara ini terhadap penuntutan yang akan kita laksanakan nanti,” tegas Banie, sapaan akrabnya, Jumat (9/10/2020).

Banie menegaskan, baik pelapor dalam hal ini korban dan terlapor atau kedelapan tersangka, memiliki hak yang sama. Dimana, kedua belah pihak sama-sama mencari keadilan. Banie pun mengapresiasi Polres Malang yang menjalin komunikasi baik dengan Kejari dalam penanganan perkara ini.

“Polres Malang dalam hal ini sangat profesional dan sangat cepat. Dan saya sudah berkoordinasi dengan Polres untuk menangani perkara ini dengan cepat sehingga ditemukan kepastian hukum bagi para tersangka dan juga para korban. Dimana, mereka semua adalah pencari keadilan,” terangnya.

Terakhir, Banie menyebut, suporter di Malang yang selama ini dikenalnya tidak pernah melakukan tindak pidana. Pada perkara ini, para tersangka yang terlihat tidak lebih dari oknum yang mengatasnamakan suporter.

“Saya yakin itu bukan Aremania. Mungkin itu hanya oknum yang mengatasnamakan. Karena saya yakin, namanya Aremania ini tidak mungkin bertindak anarkis seperti itu,” Banie mengakhiri.

Beberapa waktu lalu diberitakan, Polres Malang meringkus oknum Aremania yang melakukan tindak pidana penganiayaan sekaligus perampasan di daerah Karanglo, Kecamatan Singosari.

Ada 8 orang tersangka yang diamankan. Mereka diantaranya adalah MF (18) warga Lowokwaru, Kota Malang; OA (25) warga Sukun, Kota Malang; EH (26) warga Klojen, Kota Malang; MM (24) warga Lowokwaru, Kota Malang; N alias Kopet (23) warga Klojen, Kota Malang; DY alias Ambon (21) warga Lowokwaru, Kota Malang; R (25) warga Kedungkandang dan MF (19) warga Kedungkandang, Kota Malang. (yog/kun)

The post Kejari Kabupaten Malang Dalami Kasus Penganiayaan Oknum Suporter Secara Profesional first appeared on beritajatim.com.

]]> Ciptakan Situasi Aman, Sehat dan Damai, Kapolresta Mojokerto Berdialog dengan Mahasiswa

https://ift.tt/2FkvmAc Fri, 09 Oct 2020 09:46:43 +0000 https://ift.tt/34MbWwC Mojokerto (beritajatim.com) – Dalam rangka membangun hubungan emosional yang baik dan bersama, Kapolresta Mojokerto berdialog dengan organisasi mahasiswa ekstra kampus.

The post Ciptakan Situasi Aman, Sehat dan Damai, Kapolresta Mojokerto Berdialog dengan Mahasiswa first appeared on beritajatim.com.

]]>

Mojokerto (beritajatim.com) – Dalam rangka membangun hubungan emosional yang baik dan bersama, Kapolresta Mojokerto berdialog dengan organisasi mahasiswa ekstra kampus di Mojokerto.

Ini juga dilakukan untuk memelihara situasi keamanan yang aman, sehat dan damai di wilayah hukum Polresta Mojokerto.

Kapolresta Mojokerto, AKBP Deddy Supriyadi mengucapkan terima kasih atas aksi ratusan mahasiswa saat melakukan penolakan pengesahan Undang-undang Omnibus Low Cipta Kerja di depan Gedung DPRD Kabupaten dan Kota Mojokerto pada, Kamis (8/10/2020) kemarin berlangsung aman dan tertib.

Meski diakui mantan Kapolres Sumenep ini, dalam aksi tersebut sempat ada kendala dalam negosiasi dengan wakil rakyat namun tidak sampai mengembang dan segera teratasi. Saat pengamanan aksi, pihak kepolisian menitikberatkan kepada para perusuh yang berada di tengah-tengah massa aksi.

“Dimana yang sering kita kenal kelompok Anarko. Kelompok ini memang sengaja membuat situasi chaos diawali dengan meminum miras dan lain sebagainya. Kami sudah komitmen, dalam rangka pengamanan massa aksi tidak ada kegiatan dari aparat untuk melakukan tindakan represif namun mengedepankan upaya persuasif dan humanis,” katanya.

Kapolresta menambahkan, pihak kepolisian tidak berkeinginan untuk menunjukan power penegakan hukum namun lebih mengedepankan hubungan emosional yang baik. Kapolresta mengapresiasi aksi yang dilakukan ratusan mahasiswa tersebut karena para mahasiswa bisa membarikade masing-masing kelompok.

“Sehingga ini memudahkan kami untuk melakukan kegiatan pengamanan yang elegan meskipun sedikit ada pelemparan botol minuman dan upaya untuk membakar ban bekas, namun kita amankan terhadap bendanya bukan orangnya. Karena kami tidak ingin menyakiti adek-adek mahasiswa,” ujarnya.

Meski, tegas Kapolresta, upaya pembakaran ban bekas sudah masuk dalam kategori penindakan hukum. Kapolresta meminta agar para mahasiswa di Mojokerto menyuarakan aspirasi dengan baik, tidak berkata-kata kotor, menempuh jalur yang elegan dan melakukan upaya hukum dengan yudicial review ke Mahkmah Konstitusi (MA).

“Kami tidak ingin adek-adek mahasiswa ke depan melakukan pembakaran ban saat aksi. Karena hal tersebut akan menjadi pemicu terjadinya aksi anarkis. Saya pribadi bersyukur kepada Allah SWT karena aksi unjuk rasa dari adek-adek mahasiswa kemarin berjalan dengan aman dan lancar,” tuturnya.

Ketua Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Mojokerto, Ikhwanul Qirom mengatakan, aksi yang dilakukan ratusan mahasiswa Kamis kemarin diakui adanya spontanitas masyarakat yang ikut dan bergabung dalam aksi. “Sehingga kami kurang bisa mengendalikan. Tidak ada niatan dari kami untuk membuat ricuh, namun terjadinya saling dorong,” urainya.

Sekretaris PC PMII Mojokerto, Dwi Yulianto berharap, ketika terjadi chos saat aksi sebaiknya oknum tersebut diamankan bukan dipukuli seperti yang terjadi di beberapa daerah. “Namun kami apresiasi kalau di Kota Mojokerto berjalan dengan aman dan lancar,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang HMI Mojokerto, Ahmad Riza Zahid menambahkan, HMI setuju jika dalam forum tersebut bukan menjadi tempat saling menyalahkan, namun menjadi evaluasi bersama. “Tujuannya agar ke sepan aksi-aksi kami berjalan dengan aman dan lancar,” harapnya. [tin/ted]

The post Ciptakan Situasi Aman, Sehat dan Damai, Kapolresta Mojokerto Berdialog dengan Mahasiswa first appeared on beritajatim.com.

]]> Anggota DPRD Bojonegoro Ditetapkan Tersangka, Wakil Ketua Turun Tangan

https://ift.tt/34Ki7Bo Thu, 08 Oct 2020 15:10:17 +0000 https://ift.tt/3deE3IM Bojonegoro (beritajatim.com) – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro Sukur Priyanto mendatangi Mapolres Bojonegoro sebagai bentuk solidaritas.

The post Anggota DPRD Bojonegoro Ditetapkan Tersangka, Wakil Ketua Turun Tangan first appeared on beritajatim.com.

]]>

Bojonegoro (beritajatim.com) – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro Sukur Priyanto mendatangi Mapolres Bojonegoro sebagai bentuk solidaritas terhadap satu anggota DPRD Bojonegoro yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Kasat Reskrim Polres Bojonegoro AKP Iwan Hari Poerwanto mengungkapkan, pihaknya terbuka dan memberi ruang kepada pimpinan DPRD untuk membesuk anggotanya yang sedang tersandung masalah hukum. “Tadi ya kami berikan ruang untuk mereka bertemu, setelah selesai ya sudah pemeriksaan dilanjutkan lagi,” ujarnya, Kamis (8/10/2020).

Namun, Sukur mengelak. Dia mengaku, bahwa kedatangannya ke Mapolres Bojonegoro adalah urusan lain dan tidak ada hubungannya dengan anggota Komisi A Muhammad Rozi yang baru saja ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). “Ada urusan lain, kebetulan saja waktunya bersamaan,” jelasnya.

Sukur mengungkapkan, kasus tersebut merupakan kewenangan pihak kepolisian. Sehingga dirinya percaya dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak yang berwajib. “Soal status keanggotaannya sebagai anggota DPRD nanti biar dibahas di Badan Kehormatan,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Bojonegoro Wahyuni Susilowati mengungkapkan sejauh ini di badan kehormatan belum ada pembahasan soal status keanggotaan terhadap Muhammad Rozi yang ditetapkan sebagai tersangka kasus KDRT.

“Belum ada pembahasan karena belum ada surat masuk. Karena sudah masuk ranah hukum ya kita ikuti prosesnya nanti terkait tugas kedewanan akan kita rapatkan internal BK,” jelasnya.

Sekadar diketahui, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menempati kursi Komisi A DPRD Bojonegoro Muhammad Rozi hari ini ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan KDRT terhadap istrinya, berinisial AS. Korban, AS mengaku mendapat tindak kekerasan dari tersangka hingga tangannya patah dan luka lebam.

Korban berinisial AS, hari ini juga terlihat mendatangi Mapolres Bojonegoro, bersama dengan pengacara dan dua orang anaknya. Namun, pihaknya tidak memberi komentar kepada sejumlah awak media. [lus/kun]

The post Anggota DPRD Bojonegoro Ditetapkan Tersangka, Wakil Ketua Turun Tangan first appeared on beritajatim.com.

]]> Anggota DPRD Bojonegoro Resmi Ditetapkan Tersangka

https://ift.tt/2GH5wH6 Thu, 08 Oct 2020 13:56:16 +0000 https://ift.tt/33IWJNM Bojonegoro (beritajatim.com) – Oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Muhammad Rozi resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan.

The post Anggota DPRD Bojonegoro Resmi Ditetapkan Tersangka first appeared on beritajatim.com.

]]>

Bojonegoro (beritajatim.com) – Oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Muhammad Rozi resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penganiayaan terhadap istrinya. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu diancam pasal Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Kasat Reskrim Polres Bojonegoro AKP Iwan Hari Poerwanto mengungkapkan, setelah beberapa alat bukti dan hasil pemeriksaan dinyatakan lengkap dan memenuhi unsur pidana, pihaknya kemudian langsung menetapkan oknum anggota DPRD Bojonegoro dari Komisi A itu sebagai tersangka pada hari ini, Kamis (8/10/2020).

Penyidik menjerat tersangka dengan Pasal 44 ayat 1 dan 4 Undang-undang RI nomor 3 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. “Sekarang masih kami periksa sebagai tersangka,” ujar AKP Iwan.

Sedikitnya ada enam saksi yang sudah diperiksa, baik dari korban, anak kandung korban dan tersangka, anggota DPRD, dan dari teman korban. Sedangkan sejumlah alat bukti lain yang menguatkan tindak pidana tersebut yakni hasil visum tangan kiri korban yang patah dan rekaman cctv di depan rumah.

“Pada saat tersangka dan korban ini cek-cok sempat terekam cctv di rumah dan hasil visum kondisi tangan korban yang patah menjadi petunjuk lain alat bukti,” pungkasnya.

Sementara diketahui, tersangka mulai mendatangi pemeriksaan penyidik Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) Satreskrim Polres Bojonegoro sekitar pukul 08.30 WIB. Hingga sore, pemeriksaan belum kunjung selesai.

Sebelumnya, tersangka dilaporkan oleh istrinya, berinisial AS yang mengaku mengalami patah tangan sebelah kiri akibat didorong hingga jatuh oleh tersangka. Kasus tersebut diduga bermula saat keduanya yang berstatus suami istri sedang cek-cok. Hingga kemudian tersangka mendorong korban hingga jatuh. [lus/kun]

The post Anggota DPRD Bojonegoro Resmi Ditetapkan Tersangka first appeared on beritajatim.com.

]]> Napi Putus Sekolah Bisa Ikuti Pendidikan Kesetaraan di Rutan Sumenep

https://ift.tt/3luhdQk Wed, 07 Oct 2020 16:49:00 +0000 https://ift.tt/3dm3Xub Sumenep (beritajatim.com) – Bersekolah memang bisa dilakukan dimana saja. Tidak selalu harus di bangku sekolah resmi. Seperti yang dilakukan di.

The post Napi Putus Sekolah Bisa Ikuti Pendidikan Kesetaraan di Rutan Sumenep first appeared on beritajatim.com.

]]>

Sumenep (beritajatim.com) – Bersekolah memang bisa dilakukan dimana saja. Tidak selalu harus di bangku sekolah resmi. Seperti yang dilakukan di rumah tahanan negara (rutan) klas IIB Sumenep. Sejumlah warga binaan, mengikuti pendidikan kesetaraan berupa kejar paket A, B, dan C.

“Siapapun dan di manapun, sebagai rakyat Indonesia, harus tetap bisa belajar. Saya kira ini merupakan terobosan luar biasa, di rutan bisa sekolah berupa kejar paket A, B, dan C,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.

Pada Rabu (07/10/2020), Bupati resmi meluncurkan Program Pendidikan Kesetaraan berupa kejar paket A, B, dan C di Rutan Kelas II B Sumenep. Program ini merupakan kerja sama antara Rutan Kelas II B Sumenep dengan Dinas Pendidikan (Disdik) setempat.

“Saya kira ini patut diapresiasi. Di Jawa Timur hanya ada dua rutan yang punya program pendidikan kesetaraan bagi para narapidana, yakni Sidoarjo dan Sumenep,” ujar Busyro.

Saat launching program sekolah di rutan bagi warga binaan itu, Bupati juga menyempatkan diri ‘mengajar’ dan memberikan motivasi kepada para narapidana yang mengikuti program tersebut. “Saya bisa pastikan, pemerintah daerah akan mendukung penuh program ini, baik dari sisi anggaran maupun tenaga pendidiknya. Karena itu, silahkan para narapidana disini ikut program kejar paket, baik A, B, maupun C,” ujarnya.

Ia menerangkan, kalaupun ada yang bebas sebelum menyelesaikan program kejar paket di rutan, maka nantinya tetap bisa melanjutkan di desanya masing-masing. “Yang paling penting itu harus ada kemauan untuk terus belajar. Jadi ketika sudah bebas nanti, bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya,” ucapnya. [tem/suf]

The post Napi Putus Sekolah Bisa Ikuti Pendidikan Kesetaraan di Rutan Sumenep first appeared on beritajatim.com.

]]> 525 Orang di Pamekasan Terjaring Operasi Yustisi

https://ift.tt/3iTcQwE Wed, 07 Oct 2020 14:52:14 +0000 https://ift.tt/33JlQA0 Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 525 orang di kabupaten Pamekasan, terjaring Operasi Yustisi dalam rangka Penegakan Peraturan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19.

The post 525 Orang di Pamekasan Terjaring Operasi Yustisi first appeared on beritajatim.com.

]]>

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 525 orang di kabupaten Pamekasan, terjaring Operasi Yustisi dalam rangka Penegakan Peraturan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 yang dilaksanakan dalam beberapa pekan terakhir.

Jumlah tersebut terdiri dari dua jenis sanksi berbeda yang diterapkan petugas gabungan dalam rangka mengantisipasi, mencegah sekaligus memutus mata rantai peyebaran Covid-19 yang digelar sejak Senin (14/9/2020) hingga Selasa (6/10/2020) kemarin.

“Dari total 525 orang yang terjaring operasi, sebanyak 252 orang terjaring sanksi sosial, serta sebanyak 273 orang sanksi denda administrasi,” kata Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satpol-PP Pamekasan, Yusuf Wibiseno, Rabu (7/10/2020).

Diakuinya, proses penindakan tersebut sebagai upaya melanjutkan surat edaran dari Bupati Pamekasan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, khususnya di kabupaten Pamekasan.

“Mengacu pada regulasi tersebut, juga disertakan upaya mengajak masyarakat untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Jadi selain penindakan, kita juga gencar melakukan upaya eduksi dan mengajak masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau sekaligus mengajak masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Tujuannya untuk bersama memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Mari kita bersama meningkatkan sikap disiplin menjalankan aturan, karena disiplin merupakan salah satu kunci utama mengakhiri pandemi ini,” ajaknya.

Berdasar update peta sebaran Covid-19 di Pamekasan, terdata sebanyak 341 orang dinyatakan positif terinfeksi wabah virus corona. Meliputi sebanyak 11 pasien dalam masa perawatan, 31 orang meninggal dunia, serta sebanyak 299 orang lainnya dinyatakan sembuh pasca menjalani perawatan.

Sementara untuk status suspect terdata sebanyak 904 orang, terdiri dari sebanyak 29 orang dalam pengawasan, sebanyak 55 orang meninggal dunia, serta sebanyak 820 orang lainnya dinyatakan selesai alias Negatif Covid-19. [pin/kun]

The post 525 Orang di Pamekasan Terjaring Operasi Yustisi first appeared on beritajatim.com.

]]> Melawan, 2 Maling Kabel Listrik Ditembak

https://ift.tt/3dgGI4K Wed, 07 Oct 2020 11:36:15 +0000 https://ift.tt/2Ffnyzw Kediri (beritajatim.com) – Satreskrim Polres Kediri berhasil menangkap dua maling spesialis kabel PLN di Kabupaten dan Kota Kediri. Kedua tersangka.

The post Melawan, 2 Maling Kabel Listrik Ditembak first appeared on beritajatim.com.

]]>

Kediri (beritajatim.com) – Satreskrim Polres Kediri berhasil menangkap dua maling spesialis kabel PLN di Kabupaten dan Kota Kediri. Kedua tersangka terpaksa ditembak karena melakukan perlawanan.

Mereka, Eko Sunaryo (30) dan Septian Budi Prabowo (34) warga Desa Dukuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

Kasat Reskrim Polres Kediri AKP Gilang Akbar mengatakan kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (27/9/2020) sekitar pukul 03.00 WIB.

Saat itu, listrik PLN dalam keadaan padam, dan pada pukul 09.00 WIB, PLN mendapat laporan dari warga jika listrik di daerah Desa Banjarejo Kecamatan Ngadiluwih dalam keadaan padam.

“Pada saat petugas dari PLN memeriksa lokasi dan menemukan kabel Pudeng Line B sudah dalam keadaan terputus,” ucap AKP Gilang, Rabu (7/10/2020).

Atas kejadian tersebut, pihak PT. PLN melaporkan kejadian tersebut ke Polres Kediri guna proses lebih lanjut. Satreskrim Polres Kediri segera menindaklanjuti laporan tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

Akhirnya, dari serangkaian penyelidikan dan pada Selasa (6/10/2020) sekitar pukul 14.00 WIB, petugas berhasil menangkap kedua tersangka, yaitu Eko Sunaryo dan Septian Budi Prabowo.

Keduanya ditangkap ditempat berbeda. Namun, pada saat dilakukan penangkapan keduanya melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri sehingga dilakukan tindakan tegas terukur oleh petugas.

“Saat diamankan kedua tersangka berusaha kabur dan melakukan perlawanan. Akhirnya kami melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap kedua tersangka,” jelas AKP Gilang.

Dari hasil pemeriksaan, keduanya mengakui telah melakukan kejahatan tersebut di beberapa tempat kejadian perkara (TKP), baik wilayah Kabupaten maupun Kota Kediri.

lokasi pencurian di wilayah Kabupaten Kediri terjadi di Gardu PLN Tegalan, Gardu PLN Selosari, Gardu PLN Ngletih Kecamatan Kandat, Gardu PLN Pojok Ngletih Kecamatan Wates, dan Gardu PLN Selomanen Kecamatan Ngadiluwih, serta Gardu PLN SD Jambean Kecamatan Kras namun masih sekadar percobaan.

Sedangkan di wilayah Kota Kediri di Gardu PLN Grogol Singonegaran, Gardu PLN Doko Harmony masih percobaan pencurian, Gardu PLN Manisrenggo, Gardu PLN Perum Griya Ngronggo, Kabel CVT Perum Dhoho Harmony, dan Gardu PLN Mojo.

“Pengakuan kedua tersangka melakukan pencurian dan pemberatan di wilayah Kabupaten serta Kota Kediri,” ungkap AKP Gilang.

Dari tangan pelaku petugas berhasil mengamankan barang bukti 2 buah gergaji besi, 1 buah palu martil, 1 buah tang, 1 buah kunci inggris besar, 1 buah kunci inggris kecil, 1 buah kunci pas ukuran 11.

Selain itu, petugas juga menyita 1 buah cutter warna merah, 2 buah penutup kabel sambungan, 6 buah pengunci kabel atau clam, 1 ikat Kulit kabel warna warni, 1 ikat kulit kabel warna hitam, 2 unit sepeda motor yang digunakan oleh pelaku.

“Saat ini kedua tersangka masih dimintai keterangan guna proses penyidikan lebih lanjut,”tutur AKP Gilang Akbar. [nm/ted].

The post Melawan, 2 Maling Kabel Listrik Ditembak first appeared on beritajatim.com.

]]>

Sumber: Beritajatim.com

COMMENTS


loading...
Loading...

Share

$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$va=hide$snippet=hide$count=6$label=0

Loading...
Nama

Asusila,2,Curas,2,FOKUS,146,Insiden,4,KRIMINAL,1,Narkoba,3,RAGAM,1,Terorisme,3,
ltr
item
Kabar Kriminal
https://beritajatim.com/wp-content/uploads/2020/10/IMG-20201009-WA0000-300x225.jpg
Kabar Kriminal
https://www.kabarkriminal.com/2020/10/warning-error-while-sending-query-packet.html
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/2020/10/warning-error-while-sending-query-packet.html
true
4690725287027830542
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy