Kepala Bank Mega Cabang Malang Diduga Gelapkan Rp 3 Miliar Uang Nasabah

Malang (beritajatim.com) – Kepala Cabang Pembantu Bank Mega Kiai Tamin, Kota Malang berinisial YA dilaporkan ke Polresta Malang Kota o...

Malang (beritajatim.com) – Kepala Cabang Pembantu Bank Mega Kiai Tamin, Kota Malang berinisial YA dilaporkan ke Polresta Malang Kota oleh para nasabahnya. Dia diduga menggelapkan uang sebanyak Rp 3 miliar milik 6 nasabahnya.

Laporan yang dilakukan terkait dugaan tindak pidana perbankan dan/atau penggelapan dan/atau penipuan sebagaimana diatur dalam Pasal 49 UU No 10/1998 tentang perbankan dan/atau pasal 372 KUHP dan/atau Pasal 378 KUHP.

Kuasa Hukum korban, Adi Amrulloh mengatakan bahwa kasus ini mencuat sejak Mei hingga Juni 2020. Kemudian YA mengundurkan diri pada 25 September 2020, sesaat setelah dugaan kasus ini terkuak.

Modus dalam menggaet nasabah dengan menggunakan penempatan deposito dan Surat Utang Negara (SUN). Para korban mendepositokan uang dengan jumlah berbeda-beda, mulai kisaran Rp100 juta hingga Rp500 juta.

“Saat itu YA menjabat jabatan yang sama di KCP Dinoyo tiba-tiba pindah ke KCP Kiai Tamin. Dari situ terkuak, kalau dananya tidak bisa dicairkan karena uang itu tidak ada di bank (pembukuan). Korban juga punya sejumlah dokumen dan bukti berupa blangko deposito hingga SUN dengan logo Bank Mega. Tapi itu dibantah oleh bank, bahwa transaksi itu tidak terdaftar di bank,” papar Adi, Rabu (18/11/2020).

Adi memaparkan, dalam bukti blangko deposito dan SUN yang dimiliki nasabah terdapat tulisan dan gambar lambang bank Mega. Dalam blangko deposito tertera jumlah pokok, jumlah bunga, jatuh tempo, jangka waktu dan suku bunga. Sedangkan di blangko Surat Utang Negara, tertera tulisan Indonesian Government Bond FR 0076 serta jumlah uang untuk membeli Surat Utang Negara tersebut.

“Akhirnya kami mengadu ke OJK, namun selama 2 bulan tidak ada tanggapan. Akhirnya para korban bersepakat melapor ke polisi. Dia mengaku, deposito nasabah digunakan untuk operasional kantor bank setidaknya data jika dana itu digunakan untuk operasional kantor, bisa dibuka,” ujar Adi.

Pihak nasabah diwakili oleh kuasa hukum telah melakukan pertemuan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cabang Malang serta Bank Mega Cabang Malang untuk memediasi kasus ini. Hasilnya, pihak Bank Mega bersikeras bahwa transaksi ini di luar sistem bank. Meski pengakuan para nasabah dalam proses transaksi deposito ini, YA selalu intens menghubungi nasabah, memberikan surat kuasa bahkan mendatangi rumah nasabah sendiri dengan berseragam lengkap Bank Mega.

“Lengkap dengan atribut seragam, mobil dan sopir bank. Modus serupa juga dialami nasabah lain. Bagaimanapun, korban nasabah berharap uangnya kembali karena merasa dirugikan. Pastinta karena kepercayaan karena jabatan bu YA sendiri selaku Kepala Cabang itu. Tidak bisa disalahkan juga,” kata Adi.

Kasatreskrim Polresta Malang, Ajun Komisaris Polisi Azi Pratas Guspitu mengatakan mereka sudah menerima laporan terkait dugaan penggelapan dana oleh eks Kepala Cabang Pembantu Bank Mega Kyai Tamin, Kota Malang pada Jumat pekan lalu.

“Kami sudah terima laporannya. Kami akan menindaklanjuti laporan tersebut. Selain itu kami juga akan melakukan penyelidikan mengenai hal itu. Dalam waktu dekat, nasabah dan YA akan kami panggil untuk penyelidikan,” tandas Azi. [luc/but]





Sumber: Beritajatim.com

COMMENTS


loading...
Loading...

Share

$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$va=hide$snippet=hide$count=6$label=0

Loading...
Nama

Asusila,2,Curas,2,FOKUS,200,Insiden,4,KRIMINAL,1,Narkoba,3,RAGAM,1,Terorisme,3,
ltr
item
Kabar Kriminal: Kepala Bank Mega Cabang Malang Diduga Gelapkan Rp 3 Miliar Uang Nasabah
Kepala Bank Mega Cabang Malang Diduga Gelapkan Rp 3 Miliar Uang Nasabah
Kabar Kriminal
https://www.kabarkriminal.com/2020/11/kepala-bank-mega-cabang-malang-diduga.html
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/2020/11/kepala-bank-mega-cabang-malang-diduga.html
true
4690725287027830542
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy