Menang Tingkat Banding, Pengurus Minta Semua Legowo

Kediri (beritajatim.com) – Perseteruan antara anggota dengan pengurus Perkumpulan Rukun Sinoman Dana Pangrukti Kediri memasuki babak b...

Kediri (beritajatim.com) – Perseteruan antara anggota dengan pengurus Perkumpulan Rukun Sinoman Dana Pangrukti Kediri memasuki babak baru. Menyusul, lahirnya putusan dari Pengadilan Tinggi Surabaya yang memenangkan pihak tergugat yakni, para pengurus pada peradilan tingkat banding.

Luka Faradina, selaku pengacara pihak tergugat (pengurus) mengaku, telah mendapatkan putusan tersebut dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Kota Kediri. Ada tiga poin putusan yang keluar pada tanggal 20 Oktober 2020 dengan Nomor Putusan Banding 452/PDT/2020/PT SBY.

Pertama menerima permohonan banding dari kuasa para pembanding semula para penggugat. Kedua menguatkan putusan Pengadilan Negeri Kediri Nomor 10/Pdt.G/2020/PN Kdr tanggal 3 Juni 2020 yang dimohonkan banding tersebut. Ketiga menghukum para pembanding semula para penggugat untuk membayar biaya perkara dalam kedua tingkat peradilan yang didalam tingkat banding ditetapkan sebesar Rp 150 ribu.

“Intinya pengruus perkumpulan dalam perkara banding ini menguatkan putusan tingka pertama itu dimenangkan. Untuk pemberitahuan secara resmi belum kami terima. Tetapi kami mengatahui dari sistem penelusuran Pengadilan Negeri Kota Kediri,” kata Luka Fardani dalam press rilis, pada Jumat (6/11/2020).

Gugatan tersebut diajukan oleh anggota atas nama Ongko Wijoyo Hadiwinoto, Harry Bedjono, Agus Setiawan dan Bambang Harsono, pada Rabu 8 Juli 2020 lalu. Setelah melalui persidangan, akhirnya majelis hakim mengeluarkan putusan. Majelis terdiri dari Hakim Ketua Sutriadi Yahya dan dua hakim anggota antara lain, H. Hasby Junaidi Tolib dan Agus Sutarno.

Menurut Luka, putusan tersebut belum final karena masih belum memiliki kekuatan hukum tetap. Para pihak diberi kesempatan selama 14 hari untuk melakukan upaya hukum lanjutan. Namun, bila dalam kurun waktu itu tidak ada upaya hukum, maka dengan sendiri putusan itu telah incrah atau berkekuatan hukum tetap.

“Kalau final belum, karena ini belum berkekuatan hukum tetap, setelah pemberitahuan secara resmi dari pembanding tenggang waktu 14 hari tidak melakukan upaya hukum, dengan sendirinya putusan itu incrah. Terkait kasasi, tentunya disini bukan menilai fakta lagi, karena hakim kasasi itu yudik yuris bukan yudik faksi. Ada kesalahan penerapan hukum apa tidak. Kita tetap mengharapkan bahwa semua pihak bisa legowo, ayo membangun Perkumpulan Sinoman Dana Pangrukti,” ajaknya.

Luka berharap, semua pihak bisa legowo menerima putusan tingkat banding. Khususnya kepada seluruh anggota perkumpulan bisa berbahagia. Sebab, apabila putusan itu dimenangkan oleh penggugat, maka bisa menjadi preseden buruk. Mengapa demikian? Sebab, pihak yang digugat adalah pengurus. Dalam gugatan tersebut juga mengajukan kerugian materi dalam jumlah besar yang dapat merugikan keuangan perkumpulan.

“Seharusnya seluruh anggota perkumpulan dana pangrukti ikuit berbahagia, dengan adanya putusan yang dimenangkan oleh pengurus perkumpulan, karena apa? Karena dalam perkara ini, yang digugat dengan kerugian sekian itu pengurus, bukan atas nama pribadi. Maka kalau sampai perkara ini dikabulkan, atau menangkan penggugat, maka ganti rugi itu akan diambilkan uang dari perkumpulan. Tentu akan merugikan keuangan perkumpulan dana pangrukti,” kata Luka.

Harapan sama disampaikan oleh Ketua Perkumpulan Sinoman Dana Pangrukti Edi Laksmana. Dirinya meminta semua pihak menerima putusan tersebut dan akan merangkul semua untuk membangun perkumpulan, agar lebih baik. Sebab, selama ini pengurus dan dirinya secara pribadi tidak pernah merasa bermusuhan.

“Saya harapkan pihak penggugat ataupun yang mengajukan banding bisa legowo, ayo kita sama sama membangun perkumpulan yang kita cintai. Karena dia menuntut itupun tentunya agar dana pangrukti bisa maju lagi. Saya saat ini tidak pernah merasa punya musuh, karena semua itu sebetulnya sahabat. Hanya karena salah paham, sehingga mereka itu menggugat seperti ini. Kalau semua bisa legowo, bisa menerima ya sudah. Sedangkan untuk membangun itu tidak harus masuk ke pengurus, masyarakat pun melalui kritik juga bisa ikut untuk membangun perkumpulan,” ajaknya.

Terpisah, Syamsul Arifin, pengacara pihak penggugat mengaku belum menerima pemberitahuan putusan itu dari Pengadilan Negeri Kota Kediri. Oleh sebab itu, pihaknya belum bisa berkomentar banyak terkait putusan yang disampaikan oleh pihak tergugat.

“Itu masih di halaman webset, dan surat pemberithuan belum turun dari Pengadilan Negeri Kota Kediri terkait bandingnya seperti apa. Saya belum bisa mengomentari, karena belum ada surat. Seharusnya dari pihak sana tidak terburu-buru menyampaikan. Kita tunggu dulu, kalau setelah dapat surat pemberitahuan kita sampaikan ke klien, apakah akan kasasi atau seperti apa, atau saya masih dipercaya menjadi kuasanya atau bagaimana,” ungkap Syamsul.

Diberitakan sebelumnya, beberapa anggota Perkumpulan Rukun Sinoman Dana Pangrukti Kediri yaitu Ongko Wijoyo, Hari, Agus Setiawan dan Bambang Harsono menggugat pengurus perkumpulan. Gugatan Perdata tersebut dilayangkan di PN Kota Kediri dengan menuntut kerugian material mengembalikan kepengurusan sesuai AD-ART perkumpulan dan juga inmaterial sebesar Rp 10 miliar. [nm/kun]





Sumber: Beritajatim.com

COMMENTS


loading...
Loading...

Share

$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$va=hide$snippet=hide$count=6$label=0

Loading...
Nama

Asusila,2,Curas,2,FOKUS,200,Insiden,4,KRIMINAL,1,Narkoba,3,RAGAM,1,Terorisme,3,
ltr
item
Kabar Kriminal: Menang Tingkat Banding, Pengurus Minta Semua Legowo
Menang Tingkat Banding, Pengurus Minta Semua Legowo
Kabar Kriminal
https://www.kabarkriminal.com/2020/11/menang-tingkat-banding-pengurus-minta.html
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/2020/11/menang-tingkat-banding-pengurus-minta.html
true
4690725287027830542
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy