PN Surabaya Pailitkan Hotel Bahtera, Dirut Polisikan Kreditur Fiktif

Surabaya (beritajatim.com) – Putusan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya No. 17/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN.Niaga Sby., tertanggal 3 Agustus 2020...

Surabaya (beritajatim.com) – Putusan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya No. 17/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN.Niaga Sby., tertanggal 3 Agustus 2020 berbuntut panjang. Sebab putusan tersebut dianggap cacat hukum karena adanya dugaan kreditur fiktif yang diajukan pemohon.

Perlu diketahui, sebelumnya PN Surabaya menggelar sidang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang dimohonkan oleh Yongki (Pemohon PKPU I), Ari Ginanjar Wibowo (Pemohon PKPU II) dan Suhendra Winata yang mengaku-ngaku sebagai kreditur PT. Hotel Bahtera Jaya Abadi.

Dari permohonan tersebut, akhirnya PN Surabaya menyatakan PT. Hotel Bahtera Jaya Abadi dinyatakan dalam keadaan pailit berdasarkan Putusan Pengadilan Niaga Pada Pengadilan Negeri Surabaya No. 17/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN.Niaga Sby., tertanggal 16 April 2020 jo Putusan Pengadilan Niaga Pada Pengadilan Negeri Surabaya No. 17/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN.Niaga Sby., tertanggal 3 Agustus 2020.

Atas putusan tersebut membuat Direktur Utama dan Para Komisaris PT Hotel Bahtera Jaya Abadi kaget, sebab mereka tidak mengetahui kalau sedang dimohonkan PKPU dan pailit oleh orang yang mengaku-ngaku sebagai kreditur Hotel Bahtera Jaya Abadi yang bernama Yongki, Ari Ginanjar dan Suhendra Winata.

Johny Wong, selaku Direktur Utama PT Hotel Bahtera Jaya melalui kuasa hukumnya Yun Suryotomo menyatakan ketidaktahuan tersebut karena pihaknya tidak pernah menerima relaas pemberitahuan dan/atau relaas panggilan dari Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Surabaya.

Isinya, mengenai adanya Permohonan PKPU tersebut ke alamat domisili yang sah dari PT. Hotel Bahtera Jaya Abadi yaitu di Jalan Jenderal Sudirman No. 02 RT. 005 Kelurahan Klandasan Ilir Kecamatan Balikpapan Kota, sebagaimana Surat Keterangan Domisili Usaha Nomor: 500/74/PEMB tertanggal 16 Oktober 2019 yang diterbitkan oleh Kelurahan Klandasan Ilir Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

“Bahwa Direktur Utama PT. Hotel Bahtera Jaya Abadi merasa tidak pernah mempunyai utang atau tidak pernah mengadakan perjanjian utang piutang dengan Para Kreditur tersebut diatas, yaitu kepada Yongki sebesar Rp 2 milyar dan Ari Ginanjar Wibowo sebesar Rp 3 milyar ataupun demikian dengan Saudara Suhendra Winata sebesar Rp 2 milyar sebagaimana dalam putusan hakim yang mempailitkan PT Hotel Bahtera,” ujar Yun Suryotomo, Senin (2/11/2020).

Yun Suryotomo menambahkan, ternyata Wong Nancy (salah satu Direktur PT. Hotel Bahtera Jaya Abadi) secara diam-diam tanpa sepengetahuan dari Direktur Utama dan Dewan Komisaris PT. Hotel Bahtera Jaya Abadi, telah meminjam uang atas nama PT. Hotel Bahtera Jaya Abadi kepada para kreditur.

“Untuk menyembunyikan skenario jahatnya agar tidak diketahui oleh Direktur Utama, Para Komisaris maupun Para Staf/Karyawan PT. Hotel Bahtera Jaya Abadi, yang mempunyai alamat domisili yang sah di Jalan Jenderal Sudirman No. 02 RT. 005 Kelurahan Klandasan Ilir Kecamatan Balikpapan Kota, sebagaimana Surat Keterangan Domisili Usaha Nomor: 500/74/PEMB tertanggal 16 Oktober 2019, menjadi beralamat di Blok H02 nomor 011 di Perumahan Balikpapan Regency, Ruko De’ Royale Kota Balikpapan,” ujarnya.

Bahwa setelah ditelusuri dengan seksama, para kreditur sebagaimana tersebut diatas adalah kredidur fiktif. Dikatakan fiktif karena keberadaan mereka sesuai alamat yang disebutkan di dalam permohonan PKPU/ pailit adalah tidak ada, demikian pula dengan NIK yang tercantum dalam identitas resmi KTPnya pun juga tidak terdaftar di dinas kependudukan dan catatan sipil setempat.

“Ada niat jahat Wong Nancy dan para kreditur-kreditur akal-akalan tersebut untuk meraup keuntungan atas Hotel Bahtera Jaya Abadi dengan jalan mempailitkan hotel Bahtera Jaya Abadi yang nyata-nyata dalam keadaan sehat. Terhadap rangkaian perbuatan tersebut, Johny Wong selaku Direktur Utama PT Hotel Bahtera Jaya Abadi telah melaporkan pidana ke Polda Kalimantan Timur dan juga Polda Jawa Timur yang kemudian ditangani oleh Unit Tipiter Polrestabes Surabaya,” ujarnya. [uci/suf]





Sumber: Beritajatim.com

COMMENTS


loading...
Loading...

Share

$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$va=hide$snippet=hide$count=6$label=0

Loading...
Nama

Asusila,2,Curas,2,FOKUS,200,Insiden,4,KRIMINAL,1,Narkoba,3,RAGAM,1,Terorisme,3,
ltr
item
Kabar Kriminal: PN Surabaya Pailitkan Hotel Bahtera, Dirut Polisikan Kreditur Fiktif
PN Surabaya Pailitkan Hotel Bahtera, Dirut Polisikan Kreditur Fiktif
Kabar Kriminal
https://www.kabarkriminal.com/2020/11/pn-surabaya-pailitkan-hotel-bahtera.html
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/2020/11/pn-surabaya-pailitkan-hotel-bahtera.html
true
4690725287027830542
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy