Waspada, Kapolda Metro: Begal Pesepeda Fenomena Baru

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan kasus begal pesepeda yang marak belakangan terjadi di Jakarta ...

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan kasus begal pesepeda yang marak belakangan terjadi di Jakarta adalah fenomena baru.

Fenomena ini kata Nana seiring boomingnya olahraga bersepeda yang dilakukan masyarakat.

“Jadi kehajatan begal pesepeda ini adalah fenomena baru, karena boomingnya olahraga bersepeda oleh masyarakat. Jika dulu begal ke pengendara motor kali ini fenomena barunya begal ke pesepeda,” kata Nana di Mapolda Metro Jaya, Selasa (3/11/2020).

Untuk itu kata Nana, bagi para pesepeda diimbau untuk tidak membawa barang berharga atau handphone saat bersepeda. “Jikalau harus membawa, disimpan di tempat yang tidak kelihatan. Karena banyak pesepeda meletakkan HP nya justru di stang atau ditempat yang sangat kelihatan. Ini memancing pelaku beraksi,” kata Nana.

Selain itu kata Nana diimbau agar masyarakat bersepeda tidak seorang diri apalagi saat malam hari.

“Karena bersepeda sendirian dan malam hari bisa memancing pelaku beraksi,” katanya.

Nana menjelaskan dalam teori kejahatan, disebutkan bahwa kejahatan terjadi saat niat dan kesempatan bertemu.

“Jadi dalam hal ini saya imbau, segala hal yang membuka kesempatan para pelaku beraksi kita minimalkan. Mulai jangan bersepeda sendirian, membawa atau meletakkan HP di stang sepeda dan lainnya,” kata Nana.

Ia meyakini cukup banyak warga masyarakat atau pesepeda yang menjadi korban begal, belum melaporkan peristiwa yang menimpa mereka ke polisi.

Hal itu kata Nana berdasarkan dari pengungkapan beberapa kasus begal pesepeda, dimana para pelaku mengaku sudah beraksi belasan kali.

“Kami meyakini masih banyak masyarakat yang menjadi korban begal pesepeda ini belum melapor. Kami mengimbau agar masyarakat yang jadi korban melapor ke polisi,” kata Nana di Mapolda Metro Jaya, Selasa (3/11/2020).

Nana menjelaskan sejak bulan September sampai awal November 2020, pihaknya atau seluruh polres jajaran menerima 12 laporan kasus begal pesepeda di wilayah Jakarta.

Namun kata Nana, diduga kasus yang terjadi sebenarnya di lapangan lebih banyak dari yang terlaporkan.

“Sebab dari pelaku yang dibekuk, mengaku sudah beberapa kali beraksi di sejumlah tempat, dan kami tidak menerima laporan dari korban. Ini artinya banyak korban yang tidak melapor,” kata Nana.

Ia menjelaskan dari 12 kasus yang dilaporkan pihaknya berhasil mengungkap 6 kasus.

“Dengan membekuk 10 tersangka dari 6 kasus yang kami ungkap itu,” kata Nana di Mapolda Metro Jaya, Selasa (3/11/2020).

Dari pendalaman, katanya para pelaku atau ke 10 tersangka, sebagian besar adalah pengangguran dan beberapa adalah anak dibawah umur. “Mereka rata-rata beraksi berkelompok atau 2 sampai 4 orang dengan menggunakan satu sampai 2 sepeda motor berboncengan,” kata Nana.

Menurut Nana dari 6 kasus yang berhasil diungkap pihaknya itu, tidak termasuk kasus begal sepeda yang menimpa anggota marinir berpangkat Kolonel.

“Untuk kasus begal sepeda dengan korban anggota marinir, kami sudah profiling pelakunya dan semoga dalam waktu dekat bisa kita ungkap dan kita tangkap pelakunya,” ujar Nana.

Menurut Nana, dari 12 kasus laporan begal pesepeda, diketahui waktu rawan para pelaku beraksi adalah pagi hari yakni pukul 06.00 sampai 10.00 pagi.

“Lalu lokasi rawan pembegalan sepeda ini adalah sepanjang jalan Sudirman sampai Thamrin serta di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan,” kata Nana.

Ia memastikan pihaknya akan menyelidiki dan mendalami kasus begalsepeda yang belum terungkap.

“Sebab kami sudah membentuk tim khusus yang dipimpin Pak Dirdeskrimum untuk mengungkap kasus ini. Tim ini menunjukkan keseriusan kami untuk mengungkap kasus begal sepeda ini,” kata Nana.

Selain pengungkapan kata Nana sebagai langkah pencegahan pihaknya akan lebih rutin melakukan patroli ke wilayah-wilayah yang dilalui para pesepeda dan dianggap rawan. Patroli katanya dilakukan pihaknya bersama anggota TNI. (Naek)



Sumber: Portalkriminal.id

COMMENTS


loading...
Loading...

Share

$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$va=hide$snippet=hide$count=6$label=0

Loading...
Nama

Asusila,2,Curas,2,FOKUS,200,Insiden,4,KRIMINAL,1,Narkoba,3,RAGAM,1,Terorisme,3,
ltr
item
Kabar Kriminal: Waspada, Kapolda Metro: Begal Pesepeda Fenomena Baru
Waspada, Kapolda Metro: Begal Pesepeda Fenomena Baru
https://portalkriminal.id/wp-content/uploads/2020/11/IMG-20201103-WA0033-1024x575.jpg
Kabar Kriminal
https://www.kabarkriminal.com/2020/11/waspada-kapolda-metro-begal-pesepeda.html
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/
https://www.kabarkriminal.com/2020/11/waspada-kapolda-metro-begal-pesepeda.html
true
4690725287027830542
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy